Semangat Green Lifestyle, Semangat Kita!

         Lingkungan merupakan suatu ruang yang menjadi tempat makhluk hidup melakukan aktivitas hidupnya, salah satunya manusia. Manusia mempunyai peran penting karena satu-satunya makhluk yang dapat mempengaruhi lingkungan secara cepat baik itu siklus alam maupun ekosistem alam. Dewasa ini kondisi lingkungan mulai berubah karena pengaruh perilaku manusia, seperti gas efek rumah kaca, polusi udara, perubahan siklus cuaca, kerusakan tanah, sumber daya air yang mengering bahkan hilang, kebakaran hutan, pengundulan hutan dan lain-lainnya.

 

 

             Semua makhluk hidup di Bumi ini tentunya ingin hidup dengan kondisi lingkungan yang baik dan tak terkecuali manusia itu sendiri. Lalu bagaimanakah kenyataan kondisi lingkungan saat sekarang ini? Seperti tak perlu dijawab, karena sudah menjadi rahasia yang umum diketahui bagaiamana alam mulai mengalami kerusakan. Terlebih lagi kerusakan yang terjadi bukan hanya karena faktor alam seperti bencana, melainkan adanya faktor manusia yang mempercepat terjadinya kerusakan dan menurunkan daya regenerasi alam untuk mengembalikan keadaan alam yang baik.

            Kondisi bumi yang saat ini bukan menjadikan kita kaum pesimis. Selama makhluk hidup yang ada di Bumi ini masih hidup tidak menjadi hal yang mustahil untuk terus melakukan perbaikan. Bagaimanapun juga manusia yang bisa melakukan perubahan karena manusia mempunyai cipta, rasa dan karsa. Tak bisa dipungkiri ketika mengembalikan suatu lingkungan ke keadaan seperti semula (baik) membutuhkan kesabaran dan waktu yang lama dan akan sangat berbeda bila dibandingkan dengan merusak yang membutuhkan waktu singkat.

            Untuk mengembalikan kondisi alam diperlukan aksi secara bertahap, sedikit demi  sedikit serta perlu adanya konsistensi untuk memperbaiki lingkungan. Salah satu hal yang diperlukan diantaranya ialah dengan Green Lifestyle. Manusia merubah gaya hidupnya dengan gaya hidup yang hijau. Hal tersebut bisa di mulai dari kehidupan sehari-hari kita. Seperti contoh-contoh kecil yakni menggunakan listrik atau air sesuai dengan kebutuhan, menjaga untuk tidak menjadi konsumtif yang menyebabkan banyaknya sampah, membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan bukan karena keinginan atau malah karena gengsi. Memilah sampah dan mengelola sampah dengan baik dan masih banyak tindakan kecil yang dapat melestarikan dan memperbaiki lingkungan.

 

Hari-Bumi.jpgFaktor penting dalam Green Lifestyle  adalah mindset (pola pikir). Pola pikir manusia yang menjadikan manusia berpikir membentuk suatu perilaku untuk mencintai, menjaga dan melestarikan lingkungan. Sehingga apa yang dilakukan manusia semuanya akan sesuai, yang pada akhirnya untuk melestarikan lingkungan. Pola pikir ini sebaiknya mulai diperkenalkan sejak dini, karena bila kita sejak awal sudah diajarkan untuk menjaga lingkungan, nantinya ke depan akan menciptakan keadaan nyata terjaganya lingkungan dan mencetak generasi penerus yang dapat menjaga dan melestarikan lingkungan. Pola pikir ini dapat dikembangkan mulai dari lingkungan keluarga, mulai dari diri sendiri dan mulai mengajak lingkungan sekitar untuk senantiasa berperilaku Green Lifestyle. Mari kita sebarkan semangat Green Lifestyle!(FKN).

Search